Contoh RPP SMK Berkarakter
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[ RPP ]
NO : 1
Nama Sekolah : SMK HEPWETI CIAMIS
Kompetensi
Keahlian : Akuntansi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : X Akuntansi1 / I
Pertemuan Ke : 01
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam biotik
Indikator : A. Langkah-langkah
metode ilmiah dijelaskan dan masing- masing
diberikan contohnya
B. Gejala-gejala alam biotik dilingkungan sekitar
diidentifikasi secara cermat dan masalah yang ditemukan dirumuskan dengan jelas
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan metode ceramah peserta didik dapat memahami lingkungan biotik dan
lingkungan abiotik melalui suatu pengamatan penelitian serta dapat menyebutkan
4 komponen biotik dan abiotik
II. MATERI PEMBELAJARAN
- Lingkungan Biotik dan Abiotik
1.1. Lingkungan
Biotik
Lingkungan adalah segala sesuatu di sekitar mahluk
hidup yang saling mempengaruhi. Lingkungan biotik adalah semua mahluk hidup
yang saling mempengaruhi sesamanya baik secara langsung maupun tidak langsung.
Dimana komponen biotik tersebut terdiri dari semua mahluk hidup yang terdiri
dari mikroorganisme, hewan, tumbuhan, manusia dan makhluk hidup lainnya.
Lingkungan dan mahluk hidup di dalamnya merupakan satu kesatuan dan saling
berhubungan disebut ekosistem.
Hubungan yang terjadi pada lingkungan biotik
diantaranya
a. Hubungan yang terjadi antara individu dalam satu
spesies
b. Hubungan yang terjadi antara individu yang berbeda
spesiesnya. Macam hubungan ini adalah :
- Simbiosis mutualisme
- Simbiosis komensalisme
- Simbiosis parasitisme
- Predasi
- Kompetisi
1.2. Lingkungan Abiotik
Lingkungan abiotik adalah lingkungan fisik (tak
hidup) yang terdapat disekitar
organisme. Kompenen – komponen dalam lingkungan abiotik :
a.
Air
b.
Udara
c.
Tanah
d.
Cahaya
e.
Temperatur
Materi dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
Materi terbagi dua yaitu:
a. Zat tunggal (zat murni), yaitu ;
- Unsur
- Senyawa
b.
Campuran
III. METODE PEMBELAJARAN
- Model Pembelajaran : Ceramah, diskusi
- Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi
- Pendekatan Pembelajaran : Individu, kelompok
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN/LANGKAH –
LANGKAH PEMBELAJARAN
- Kegiatan awal (10 menit)
a. Apersepsi
-
Mengucapkan
salam dilanjutkan dengan berdo’a (Religius)
-
Mengabsen
siswa dan menayakan siswa yang tidak hadir (Kepedulian)
-
Sekilas
membahas materi yang sudah disampaikan minggu lalu atau menanyakan Pekerjaan
Rumah (PR)
b. Memotivasi
-
Menjelaskan
kepada peserta didik tentang perbedaan antara lingkungan biotik dan lingkungan
abiotik
- Kegiatan inti (65 menit)
a. Eksplorasi
-
Membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok
-
Menyampaikan
gambaran secara umum materi yang akan dipelajari
-
Setiap
kelompok diskusi, menggali informasi mengenai perbedaan lingkungan biotik dan
lingkungan abiotik
b. Elaborasi
-
Peserta didik
melaporkan hasil eksplorasi
-
Jika dalam
diskusi terdapat kekurangan jawaban, guru memberikan penguatan tentang
kekurangan dan kelebihan peserta didik selama melakukan presentasi (komunikatif,
mandiri, dan rasa ingin tahu)
c. Konfirmasi
-
Guru bersama
peserta didik membahas pertanyaan yang belum dapat diselesaikan dalam diskusi
kelompok
-
Peserta didik
diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah dibahas
- Kegiatan akhir (15 Menit)
a. Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah
dibahas.
b. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi atas
hasil diskusi
c. Guru memberikan tugas mengerjakan soal latihan tak
terstruktur (PR)
d. Pertemuan diakhiri dengan membaca do’a bersama
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Alat : White board, spidol, powerpoint, infokus,
laptop
B. Sumber
belajar : Modul Pembelajaran IPA keluaran PT. Pratama
Mitra Aksara.
Modul Pembelajarn IPA SMK Kelas X,
VI. PENILAIAN
- Jenis Penugasan : Tugas individu
- Bentuk Instrumen : Tes tertulis
INSTRUMEN
Isilah tabel di bawah ini dengan memberi tanah ( Ö ) pada kolom yang dipilih sebagai jawaban yang
benar!
No
|
Kejadian Alam
|
Termasuk gejala
|
|
Biotik
|
Abiotik
|
||
1.
|
Kertas dibakar menjadi abu
|
|
|
2.
|
Fotosintesis pada tumbuhan
|
|
|
3.
|
Sinar matahari memanasi bumi
|
|
|
4.
|
Mata dapat melihat benda
|
|
|
5.
|
Pesawat terbang
|
|
|
6.
|
Bernapas dan transpor aktif
|
|
|
7.
|
Reaksi terhadap rangsangan
|
|
|
8.
|
Lilin dinyalakan lewat sumbu
|
|
|
9.
|
Tumbuh dan berkembang
|
|
|
10.
|
Terjadinya aliran listrik pada kabel
|
|
|
JAWABAN
No
|
Kejadian Alam
|
Termasuk gejala
|
|
Biotik
|
Abiotik
|
||
1.
|
Kertas dibakar menjadi abu
|
|
Ö
|
2.
|
Fotosintesis pada tumbuhan
|
Ö
|
|
3.
|
Sinar matahari memanasi bumi
|
|
Ö
|
4.
|
Mata dapat melihat benda
|
Ö
|
|
5.
|
Pesawat terbang
|
|
Ö
|
6.
|
Bernapas dan transfor aktif
|
Ö
|
|
7.
|
Reaksi terhadap rangsangan
|
Ö
|
|
8.
|
Lilin dinyalakan lewat sumbu
|
|
Ö
|
9.
|
Tumbuh dan berkembang
|
Ö
|
|
10.
|
Terjadinya aliran listrik pada kabel
|
|
Ö
|
PEDOMAN PENILAIAN NILAI KOGNITIF
No
|
Butir Soal
|
Skor Maksimum
|
KKM
|
1.
|
1
|
10
|
75
|
2.
|
2
|
10
|
|
3.
|
3
|
10
|
|
4.
|
4
|
10
|
|
5.
|
5
|
10
|
|
6.
|
6
|
10
|
|
7.
|
7
|
10
|
|
8.
|
8
|
10
|
|
9.
|
9
|
10
|
|
10.
|
10
|
10
|
PENILAIAN KARAKTER DALAM DISKUSI
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maksimal
|
1
|
Religius
|
1
|
2
|
Jujur
|
1
|
3
|
Toleransi
|
1
|
4
|
Disiplin
|
1
|
5
|
Kerja keras
|
1
|
6
|
Kreatif
|
1
|
7
|
Mandiri
|
1
|
8
|
Demokratis
|
1
|
9
|
Rasa ingin tahu
|
1
|
10
|
Semangat kebangsaan
|
1
|
11
|
Cinta tanah air
|
1
|
12
|
Menghargai prestasi
|
1
|
13
|
Bersahabat/komunikatif
|
2
|
14
|
Cinta damai
|
1
|
15
|
Gemar membaca
|
1
|
16
|
Peduli lingkungan
|
2
|
17
|
Peduli Sosial
|
1
|
18
|
Tanggung jawab
|
1
|
Jumlah skor maksimal
|
20
|
Nilai = Skor
perolehan x 100
Skor maksimum
Jika Agan-agan ingin RPP lengkapnya silahkan post koment beserta Email Agan.. Trims.
0 komentar:
Posting Komentar